ID ENG

Bermodalkan Semangat Gotong Royong, Serikat Buruh FSB GARTEKS Serang Raya Sukses Mendirikan ‘GARTEK MART'

Tanggal Publish: 24/03/2023, Oleh: DPP FSB Garteks

Baru-baru ini, Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) Serang Raya Banten, meresmikan ‘GARTEK MART’. Usaha minimarket ini bermitra dengan PT. Invals Gaya Cipta, dimana sebuah bisnis yang menjual kebutuhan sembako dan jenis lainnya untuk buruh dan masyarakat di Kabupaten Serang.    

Faizal Rakhman Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya, mengatakan lahirnya GARTEK MART adalah dari semangat koperasi. Sebab, kata Faizal setiap buruh yang bergabung dengan organisasinya, wajib masuk anggota koperasi. Dan selama ini, koperasi yang dikelola FSB GARTEKS Serang Raya berjalan baik. Dan rutin memberikan pendidikan koperasi serta pelatihan dengan Dinas Koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Provinsi Banten.

“Alhamdulillah, berkat kegigihan pengurus cabang membesarkan Koperasi FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya, sekarang kami berhasil mendirikan GARTEK MART secara mandiri,”ucap Faizal, saat diwawancari melalui seluler, Jumat (24/3/2023).

Lanjutnya, kata kata Faizal GARTEK MART ini lokasinya di Desa Julang Kecamatan Cikande. Serta mendapat apresiasi yang positif dari kepala desa. Nah, nantinya juga bakal bekerja sama, seperti program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan pihak kepala desa. Ia juga menerangkan, mereka yang ingin bergabung di koperasi atas nama usaha GARTEK MART tidak hanya buruh saja.

“Tapi masyarakat biasa juga boleh bergabung. Karena, salah satu manfaat mereka yang menjadi anggota, akan banyak mendapat potongan harga saat belanja di GARTEK MART,” ucap Faizal yang rencananya akan maju menjadi calon legislativ (Caleg) DPRD Kabupaten Serang, daerah pemilihan (Dapil) 2, wilayah Cikande, Kibin, Kragilan, Kopo, Jawilan dari Partai Nasdem.

Faizal menegaskan, bahwa penanggung jawa usaha minimarket GARTEK MART adalah Pengurus Komisariat (PK) FSB GARTEKS KSBSI PT. Eagle Nice Indonesia. Dimana Kasbullah saat ini dipercaya menjabat ketua PK di perusahaan tersebut. Sementara, DPC FSB GARTEKS KSBSI hanya berperan sebagai Pembina usaha tersebut. Karena, tujuan didirikan usaha ini memang untuk memperkuat kemandirian ekonomi organisasi. Baik dari tingkat pengurus cabang, pengurus komisariat serta anggota.

“Nah, yang bergabung di GARTEK Mart sudah 200 orang lebih. Kemungkinan besar akan lebih banyak lagi nanti yang bergabung. Kami akan membuat GARTEK MART ini menjadi usaha koperasi yang transparan. Dan berkomitmen membuat Rapat Anggota Tahunan (RAT), sesuai anggaran dasar/anggaran rumah tangga koperasi untuk anggota,” ungkapnya.

Sukses mendirikan GARTEK MART di Desa Julang, ia menyampaikan serikat buruhnya berencana akan mendirikan usaha yang sama di setiap PK dibawah naungan FSB GARTEKS Serang Raya. Pasalnya, serikat buruh yang dipimpinnya ini memiliki banyak perwakilan PK dan anggota. Sehingga, kedepannya berpotensi besar untuk menguatkan kemandirian ekonomi buruh.

Artinya, tugas dan tanggung jawab serikat buruh FSB GARTEKS Serang Raya itu hanya mengorganisir buruh, aksi demo serta mengadvokasi buruh saja. Pihaknya selama ini juga sudah banyak melakukan aksi kemanusiaan, seperti membantu korban bencana alam.

“Tahun ini kami akan fokus menguatkan perekonomian untuk pengurus dan anggota melalui semangat gotong royong yang berlandaskan ideologi koperasi.Doakan saja bisa berjalan dengan baik,”tandasnya. (AH)