ID ENG

Bergabung Dalam Aliansi Sejuta Buruh, Massa FSB GARTEKS KSBSI Demo Cabut UU Cipta Kerja di Depan Gedung DPR

Tanggal Publish: 10/08/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Massa buruh Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan dan Kulit Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) dari beberapa daerah hari ini melakukan aksi demo di depan Gedung DPR RI, Komplek Senayan Jakarta. Mereka bergabung dengan serikat pekerja/serikat buruh lainnya yang tergabung dalam Aliansi Sejuta Buruh.

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) FSB GARTEKS KSBSI mengatakan aksi ini seruan dari Dewan Eksekutif Nasional (DEN) KSBSI yang memerintahkan demo nasional untuk menolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja . Sebelumnya, surat resmi DPP FSB GARTEKS KSBSI telah diterbitkan dengan Nomor: AB.0156/DPP FSB GARTEKS /INT/VII/2022, tanggal 29 Juli 2022. Dimana surat ini ditujukan kepada seluruh Dewan Pengurus Cabang (DPC) FSB GARTEKS serta afiliasi federasi FSB GARTEKS se-nasional melakukan aksi demo pada Rabu 10 Agustus 2022.

Adapun tuntutan yang disuarakan FSB GARTEKS KSBSI adalah:        

  1. Mendesak DPR R.I untuk mengeluarkan kluster ketenagakerjaan dari UU Cipta Kerja.
  2. Mendesak Presiden R.I untuk menerbitkan Perppu penangguhan keberlakuan klaster ketenagakerjaan dari Undang-Undang (UU)Cipta Kerja dan memberlakukan UU No. 13 Tahun. 2003 secara utuh.

“DPP FSB GARTEKS KSBSI tetap menolak atas disahkannya UU Cipta Kerja oleh DPR RI. Undang-undang ini kami nilai bukan hanya merugikan dan mendegradasi hak buruh saja di dunia kerja. Seluruh masyarakat Indonesia juga ikut terkena dampak tidak baiknya,” ucap Joko.

Sementara itu, Trisnur Priyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FSB GARTEKS KSBSI mengatakan selain aksi demo di Gedung DPR RI, FSB GARTEKS KSBSI juga melakukan unjuk rasa dibeberapa daerah. Diantaranya di Kabupaten Sukabumi, Kota Medan Sumatera Utara dan Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

“Untuk aksi demo di depan Gedung DPR RI, massa buruh FSB GARTEKS KSBSI yang turun diantaranya dari pengurus dan anggota Dewan Pengurus Cabang (DPC) DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Jepara, Kota Bandung, Kabupaten Serang, Tangerang Raya, Kabupaten Lebak, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Jepara,” terangnya.

Lanjutnya, Trisnur menyampaikan mewakili DPP FSB GARTEKS KSBSI dia menyampaikan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pengurus dan anggota yang terlibat dalam Aliansi Aksi Sejuta Buruh di depan Gedung DPR-RI. Termasuk yang melakukan aksi demo menolak UU Cipta Kerja diberbagai daerah. (AH)