ID ENG

Bendera FSB GARTEKS Sukses Berkibar di Halaman PT HWI Jepara

Tanggal Publish: 08/09/2020, Oleh: DPP FSB Garteks

Abu Yazid Albustomi Ketua Pengurus Komisariat (PK) PT Hwaseung Indonesia (HWI) mengatakan  perkembangan Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) khususnya diwilayah Kabupaten Jepara Jawa Tengah semakin meningkat. Salah satu tolok ukurnya, jumlah anggota di perusahaan tersebut terus bertambah sejak 1 tahun ini.

Bahkan hubungan PK HWI Jepara dengan pihak perusahaan semakin dinamis. “Hubungan kami bisa dekat karena kami selalu mengedepankan sosial dialog dalam menyelesaikan masalah hubungan industrial,” ungkapnya saat diwawancarai lewat seluler, 7 September 2020.

Dia menceritakan, kunci keberhasilan FSB GARTEKS hadir di PT HWI memang lebih mengutamakan pendekatan mengenalkan organisasi dan merekrut buruh. Jadi tidak melakukan gaya yang frontal. Dengan melakukan pendekatan, akhirnya pihak manajemen perusahaan pun menyambut baik.

“Tahun ini PK FSB GARTEKS PT HWI juga berhasil melakukan negoisasi dengan pihak perusahaan dalam memuluskan agenda Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak,” jelasnya.      

Lalu berapa jumlah anggota FSB GARTEKS di PT HWI sekarang ini? Abu menjawab sudah mencapai 1000 orang lebih. Cuma, pada awal pandemi Covid-19, pihak perusahaan melakukan pengurangan tenaga kerja. Sehingga jumlah anggota agak berkurang sekitar 200 orang. Namun pengurangan ini hanya buruh status training.

“Tapi setelah kami berdialog, pihak perusahaan berkomitmen kalau situasi sudah kondusif buruh yang status training akan dipekerjakan kembali. Dan sekarang terbukti, sebagian kawan-kawan saya yang kemarin tidak bekerja, sekarang dipanggil kembali bekerja,” ungkapnya.

Mengingat PK FSB GARTEKS di PT HWI semakin membesar, dia menjelaskan organisasi yang dipimpin semakin sering melakukan pelatihan dan kegiatan internal. Dimana tujuannya untuk memperkuat solidaritas dan menjalin tali silaturahim.

Termasuk kantor sekretariat, Abu mengatakan pihak manajemen sudah berjanji memberikan fasilitasnya di lingkungan perusahaan. Saat ini juga, bendera FSB GARTEKS juga sudah berkibar di halaman perusahaan. Kedepannya ia berharap agar pengurus pusat lebih melibatkan pengurus dan anggota FSB GARTEKS di PT HWI dalam agenda pelatihan dan pendidikan organisasi.

“Saya optimis kalau kami sering dilibatkan program pelatihan dan pendidikan, sumber daya manusia (SDM) pasti meningkat,” tutupnya. (AH)