ID ENG

Bekasi Menjadi Prioritas Pengembangan Basis FSB GARTEKS KSBSI

Tanggal Publish: 04/06/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Tri Pamungkas Ketua Bidang Konsolidasi Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri  afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS-KSBSI) mengatakan wilayah Bekasi Jawa Barat akan menjadi target pengembangan basis organisasinya. Pasalnya, wilayah ini salah satu lumbung industri dan masih berpotensi untuk pengembangan serikat buruh.

Selain itu, dia mengatakan tahun ini dia sudah membentuk dan mendaftarkan Pengurus Komisariat (PK)  PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Lestari Agribisnis Indonesia ke Suku Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi. Dengan terbentuknya pengurus PK yang baru ini, Tri akan akan fokus melakukan pendampingan dan pendidikan kader tentang manfaat dan tujuan buruh bergabung ke FSB GARTEKS KSBSI.

“Tanda bukti nomor pencatatan PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Lestari Agribisnis Indonesia Suku juga telah dikeluarkan. Dan kami sudah melakukan undangan audiensi kepada para pimpinan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi untuk berdiskusi,” ucapnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6/21).

Kata Tri, FSB GARTEKS KSBSI harus memerankan agenda dialog sosial dengan pemerintah dan pengusaha untuk menciptakan suasana harmonis. Serta menghindari perselisihan hubungan industrial. Sebab, di era keterbukaan informasi ini, dia menegaskan serikat buruh jangan hanya mengedepankan aksi demo saja.

“Justru sekarang ini aktivis buruh harus lebih mengedepankan kemampuan intelektual untuk mencari solusi. Aksi demo hanya jalan terakhir, kalau upaya dialog sudah tidak ada titik temu lagi. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini kami sangat berhati hati mengambil langkah kebijakan,” jelasnya.

Tri Pamungkas berharap FSB GARTEKS KSBSI bisa diterima dikalangan buruh di Kota Bekasi. Karena gerakan serikat buruhnya membawa ciri khas dialog sosial. Dan diharapkan bisa merubah paradigma, bahwa serikat buruh tak hanya dikenal aksi demo saja.

“Hasil dari audiensi, pihak Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi sangat merespon baik kehadiran FSB GARTEKS KSBSI.  Tentu saja momen ini menjadi catatan positif bagi kami yang sedang mengembangkan organisasi dengan berbagai program kerja yang ada. Semoga dapat membantu harapan buruh diwilayah ini dan bisa menjaga kondusifitas diwilayah kota Bekasi,” imbuhnya.

Usai pertemuan, Tri Pamungkas menyempatkan silaturahmi ke beberapa tokoh pergerakan buruh dan tokoh masyarakat di Bekasi dan hasilnya cukup baik. Dia mengatakan pihaknya disambut penuh kehangatan, sembari diskusi kecil tentang isu isu perburuhan secara nasional dan global yang cukup berarti.

“Semoga setelah dibentuknya PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Lestari Agribisnis Indonesia menjadi awal yang baik untuk kedepannya. Saya akan berkomitmen untuk menjadikan wilayah Bekasi salah satu basis massa.  Dalam waktu dekat ini sudah ada beberapa perusahaan, dimana buruhnya siap bergabung dengan FSB GARTEKS KSBSI, sebagai komitmen bersama demi terwujudnya cita-cita buruh sejahtera,” tandasnya. (AH)