ID ENG

Bagi Aktivis Buruh GARTEKS KSBSI Serang, Gerakan Koperasi Itu Penting

Tanggal Publish: 29/06/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Hari ini, Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS-KSBSI) Kabupaten Serang Banten, mengadakan pelatihan koperasi untuk pengurus dan anggotanya. Selama acara sosialisasi tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Faizal Rakhman, Ketua Cabang FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang Banten mengatakan acara ini bertujuan untuk membangun tentang pentingnya serikat buruh membangun  gerakan koperasi. Dan pemberi materi sosialisasi pelatihan langsung diberikan dari pihak Dinas Koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Provinsi Banten.

“Alhamdulillah, selama pelatihan tadi, semangat kawan-kawan yang mengikuti sosialisasinya sangat tinggi. Mereka banyak bertanya tentang manfaat dan tata cara pengelolaan koperasi,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, Selasa (29/6/21).

Faizal menerangkan, pelatihan koperasi ini tentu sangat penting bagi serikat buruh. Dimana, nantinya bisa bermanfaat untuk kesejahteraan buruh, diluar penghasilan mereka bekerja di perusahaan. Apalagi, dampak pandemi Covid-19, sangat mempengaruhi kondisi perekonomian dan buruh pun banyak terkena imbasnya.

Koperasi GARTEKS Serang juga sudah dicatatkan tahun lalu ke akta notaris hukum dan terdaftar resmi di Kementerian Hukum dan HAM. Termasuk agenda koperasi dalam kegiatan Rapat Akhir Tahun (RAT) telah dilaksanakan tahun lalu. Saat ini, jenis usaha yang dijalankan koperasi tersebut bidang usaha jualan Sembako dan jualan atribut, seragam FSB GARTEKS.         

 “Tahun ini kami telah menjalankan usaha simpan pinjam kecil-kecilan untuk pengurus dan anggota,” jelasnya.

Dia menargetkan, koperasi yang sudah dijalankan nantinya bisa bekerja sama dengan para pelaku UMKM diwilayah Banten. Termasuk meringankan beban anggotanya yang terdampak Covid-19, karena terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan menciptakan usaha dalam bentuk UMKM.

“Untuk sementara ini anggota koperasi yang kami bentuk masih khusus internal organisasi. Karena kami masih fokus untuk meningkatkan taraf kesejahteraan kepada pengurus cabang, Pengurus Komisariat (PK) dan anggota,” ungkapnya.

Terakhir, Faizal berharap Koperasi GARTEKS Serang bisa menjadi kebanggaan dan membawa manfaat yang baik kepada seluruh pengurus dan anggota. Sebab, gerakan koperasi itu sangat penting bagi buruh dan keluarganya. Sesuai semangat ajaran ideologi para tokoh pendiri bangsa untuk memperkuat ekonomi kerakyatan. (AH)