ID ENG

Awal Tahun 2022, Srikandi FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang Dibekali Pelatihan Kepemimpinan

Tanggal Publish: 13/01/2022, Oleh: DPP FSB Garteks

Awal tahun ini, Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) Kabupaten Serang Banten menggelar ‘Women Leader Treaning’ dengan tema ‘Gender Quality & Decent Woeki In Gartment Sector’. Acara diadakan pada 11-12 Januari 2022 di Hotel Mahadria Kabupaten Serang.

Pemberi materi pelatihan kepemimpinan perempuan ini juga orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Seperti Elly Rosita Silaban Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Trisnur Priyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FSB GARTEKS KSBSI, Emma Liliefna Komisi Kesetaraan Nasional KSBSI, perwakilan AFWA, Indah Fatma Sari Ketua K2F FSB GARTEKS KSBSI, Tiurma Hutagaol Ketua PK FSB GARTEKS KSBSI PT. Pou Chen Indonesia,serta perwakilan DPC FSB FSB GARTEKS KSBSI Serang.

Faizal Rakhman Ketua DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang mengatakan tujuan pelatihan yang dibuat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga kader buruh perempuan di organisasinya nanti bisa tampil menjadi pemimpin serikat buruh. Dan peserta yang mengikuti pelatihan memang dikhususkan dari srikandi-srikandi perwakilan Pengurus Komisariat (PK).

“Saya  berharap, setelah pelatihan diadakan mereka semakin memiliki motovasi dan nantinya bisa lebih berperan masuk di struktur organisasi. Baik dari tingkat PK, Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan tingkat nasional,” ucap Faizal, saat diwawancarai melalui seluler, Kamis (13/1/2021).  

Selain itu, Faizal menyampaikan bahwa tahun, DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang akan mengadakan Konferensi Cabang (Konfercab). Karena itu, dia menargetkan bagi srikandi-srikandi di serikat buruhnya yang memiliki potensi kepemimpinan bakal diikutsertakan sebanyak 40 persen masuk struktur organisasi. Karena, keterlibatan buruh perempuan itu sangat penting dalam hak kesetaraan gender.

“Tahun ini DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang juga sedang mempersiapkan program pengkaderan khusus srikandi-srikandi kami. Supaya rasa mental, rasa percaya diri dan soliditas mereka tumbuh dan kuat,” ujarnya.    

Mendekati satu periode kepemimpinannya menjalankan roda organisasi, Faizal mengatakan merasa puas dengan kemajuan kepemimpinan srikandi  FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang. Karena, dia melihat setiap tahun tetap lahir generasi-generasi baru yang militan. Dimana nantinya disiapkan untuk regenerasi kepemimpinan.

“Bahkan beberapa tingkat PK perusahaan, pengurusnya sudah banyak dari perwakilan dari perempuan, termasuk menjabat sebagai ketua,” terangnya.

Artinya, dia bersama jajaran pengurus cabang lainnya optimis, jika kedepannya akan melahirkan srikandi FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang untuk berperan dan mengambil tanggung jawab di serikat buruh. “Saya sangat puas dengan hasil pelatihan ini, saat nara sumber memberikan materi pelatihan mereka aktif bertanya dan berdialog,” tandasnya.    

Kegiatan tersebut juga disempatkan membentuk Komite Kesetaraan Cabang (K2C) DPC FSB Garteks Serang Serang. Dan yang terpilih sebagai Ketua adalah Rumtini perwakilan Pengurus Komisariat (PK) PT.  Parkland World Indonesia Plant 2 dan Tiurma Hutagalol sebagai sekretaris perwakilan PK PT. Pou Chen Indonesia

Asih ketua panitia mengucapkan terimakasih banyak atas kerjasama semua pihak yang terlibat membantu. Sehingga kegiatan pelatihan berjalan lancar, sesuai dari yang diharapkan. “Semoga acara seperti ini dapat terus dapat dilanjutkan secara berkala,” ucapnya. (AH)