ID ENG

Aksi Bantuan Kemanusiaan Erupsi Gunung Semeru Terkumpul, FSB GARTEKS KSBSI Wilayah Banten Segera Berikan Untuk Korban Bencana Alam

Tanggal Publish: 17/12/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Beberapa waktu lalu, aktivis Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB GARTEKS KSBSI) di Provinsi Banten telah membuka posko peduli kemanusiaan untuk korban bencana alam erupsi Gunung Semeru, di  Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Setelah dilakukan penggalangan, simpati dari buruh dan masyarakat pun sangat banyak membantu.

Faizal Rakhman Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang mengatakan aksi sosial ini adalah salah satu panggilan aktivis buruh untuk kemanusiaan. Dan juga sudah rutin dilakukan, saat ada terjadi bencana alam diwilayah Banten maupun daerah lainnya. Setelah dilaksanakan penggalangan ke lapangan, dana bantuan yang terkumpul memuaskan. Termasuk bantuan obat, pakaian dan makanan cepat saji.

“Keluarga besar FSB GARTEKS di Provinsi Banten dan Garteks Peduli mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus, anggota, buruh, masyarakat yang membantu kegiatan ini. Baik bantuan dalam bentuk materi maupun doa, sehingga semuanya berjalan dengan baik,” ucap Faizal, saat diwawancarai melalui seluler, Jumat (17/12/2021).

Bantuan yang sudah terkumpul juga segera diberikan kepada masyarakat korban erupsi Gunung Semeru. Sekarang ini, pihaknya sedang berkoordinasi dengan komunitas relawan Icikiwir untuk memberikan bantuan agar tepat sasaran.  Dan sore ini, akan rapat bersama untuk memutuskan kapan bantuan dikirim dan membahas hal-hal teknis.

“Rencananya, hari Sabtu besok tim “Garteks Peduli Erupsi Gunung Semeru’ akan berangkat ke lokasi bencana. Lalu pada Minggu, 19 Desember 2021, bantuan akan segera diberikan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana,” ujarnya.

Secara rinci, dana bantuan yang didapat selama penggalangan sosial dari Garteks Peduli terkumpul kurang lebi Rp28 juta. Untuk bantuan dari kawan-kawan DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Lebak sekitar Rp.3 juta. Kemudian bantuan mendapat bantuan pakaian layak pakai sekitar 10 karung.

“Jadi dana yang terkumpul untuk sementara ini mencapai Rp.31 juta,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan salah satu tim relawan kemanusiaan yang ada di Kabupaten Lumajang. Dan kabarnya, masyarakat sudah mendapat bantuan pakaian, obat-obatan dan makanan cepat saji di pengungsian sudah cukup. Namun, Faizal menyampaikan pihaknya tetap memberikan bantuan yang sudah cukup tersebut ke lokasi bencana, seperti pakaian dan makanan cepat saji.

“Tapi kalau bantuan uang yang sudah terkumpul rencananya akan diberikan untuk program jilid dua. Kami memang ada niat membuat agenda kemanusiaan ini berkelanjutan. Sebab,  bencana erupsi gunung ini terbilang butuh waktu lama bisa normal. Sementara, banyak rumah masyarakat yang sudah rusak,” jelasnya.

Oleh sebab itu, rencananya awal tahun depan FSB GARTEKS KSBSI di Banten kembali melakukan kegiatan ini. Dan fokus penggalangan dana dari bantuan buruh serta masyarakat. Dimana dana tersebut  nantinya untuk membantu fasilitas umum bagi masyarakat yang menjadi korban erupsi.

“Nanti kalau Tim Garteks Peduli sudah tiba di lokasi, mereka akan survei ke lapangan untuk memastikan bantuan kebutuhan apa saja yang harus dibantu untuk rencana aksi kemanusiaan jilid kedua,” tutup Faizal. (AH)