ID ENG

Agenda Konsolidasi Dihadiri Ketua Umum Ary Joko Sulistyo, FSB GARTEKS Optimis DPC Karawang Terbentuk Akhir 2021

Tanggal Publish: 15/10/2021, Oleh: DPP FSB Garteks

Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri (DPP FSB GARTEKS) kembali melakukan agenda konsolidasi dengan lintas Pengurus Komisariat (PK) tingkat perusahaan di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Pertemuan ini bagian dari pembinaan kader, sekaligus membahas pematangan Dewan Pengurus Cabang (DPC) yang direncanakan dibentuk akhir 2021.

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum DPP FSB GARTEKS yang ikut hadir dalam pertemuan, menyampaikan apresiasi kepada pengurus PK dan anggota yang tergabung di FSB GARTEKS di Karawang. Sebab, baru 1 tahun lebih bergabung, semuanya berkeinginan kuat membesarkan organisasi. Dalam kunjungan tersebut, DPP FSB GARTEKS juga menyempatkan diri berkunjung ke sekretariat PK KSBSI GARTEKS SPTP PT Chang Shin Kecamatan Klari.

Ada beberapa pesan yang disampaikan Ary Joko dalam konsolidasi tersebut. Diantaranya selalu mengedepankan sosial dialog bagi pengurus PK yang bergabung di FSB GARTEKS dengan perwakilan perusahaan. Dimana, tujuannya untuk membangun hubungan yang harmonis dalam hubungan industrial.

“Semua pengurus dan anggota harus terlibat mengkampanyekan anti kekerasan, pelecehan seksual dan mendorong hak kesetaraan gender di lingkungan perusahaan. Kemudian keluarga besar FSB GARTEKS di Karawang harus tetap solid, militan untuk membesarkan organisasi, ” ucapnya, di Karawang Jawa Barat, Jumat (15/10/2021).

Ary Joko menjelaskan, Karawang adalah bagian penyangga Ibukota Jakarta dan dikenal sebagai kota industri di Jawa Barat. Oleh sebab itu,serikat buruh FSB GARTEKS berpotensi untuk dibesarkan diwilayah ini. Sekarang ini, sudah ada perwakilan buruh dari 4 perusahaan yang bergabung. Dan dalam waktu dekat ini bakal bertambah lagi.

“Untuk membangkitkan motivasi kepada pengurus komisariat dan anggota, DPP FSB GARTEKS wajib menjalankan tradisi pengkaderan, pelatihan dan advokasi secara rutin. Agar Sumber Daya Manusia (SDM) mereka dalam berserikat semakin matang untuk menjalankan roda organisasi,” ungkap Ary Joko.

Tri Pamungkas Ketua Konsolidasi DPP FSB GARTEKS menyampaikan agenda konsolidasi tersebut juga bagian dari pembahasan pembentukan tingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC). Dia menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 memang berdampak pada kendala pembentukan cabang.

“Tapi mudah-mudahan akhir tahun ini DPC FSB GARTEKS Kabupaten Karawang terbentuk, karena sudah ada beberapa perwakilan PK tingkat perusahaan yang siap bergabung lagi dalam waktu dekat ini,” kata Tri Pamungkas.

Ia menceritakan, alasan FSB GARTEKS cepat diterima buruh di Karawang, karena pihaknya berhasil membangun kepercayaan dan pembinaan organisasi yang profesional. Pasalnya, sebelum mereka bergabung, sempat mengalami kecewa dan trauma akibat dikecewakan oleh serikat buruh yang lama. Mereka juga rutin membayar uang iuran dan dilibatkan setiap aksi demo. Sayangnya pembinaan, tanggung jawab pendidikan, advokasi saat ada pengurus dan anggota sedang bermasalah di perusahan justru ditinggalkan.

“Berhubung FSB GARTEKS memiliki komitmen melakukan pendampingan advokasi kepada semua anggota, akhirnya bisa diterima dengan baik,” jelasnya.

Tri Pamungkas juga menargetkan sampai akhir tahun 2021, minimal ada 4-6 tingkat pengurus komisariat terbentuk di Kabupaten Karawang. Sehingga nantinya segera dilakukan penetapan pengurus DPC. Termasuk, pembinaan dan mengikutsertakan PK dan anggota dalam setiap pelatihan yang diadakan FSB GARTEKS semakin membuahkan hasil.    

“Saya melihat kualitas SDM setiap pengurus dan anggota semakin mengalami peningkatan. Baik dari kemampuan kepemimpinan, manajemen organisasi serta kemampuan lobi dan sosial dialog di tingkat perusahaan. Doakan saja tahun ini DPC FSB GARTEKS Kabupaten Karawang segera terbentuk,” tutupnya. (AH)