ID ENG

16 Tahun Perjalanan PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia, Akhirnya Tercipta Hubungan Harmonis Dengan Perusahaan

Tanggal Publish: 02/03/2023, Oleh: DPP FSB Garteks

Beberapa waktu lalu, Pengurus Komisariat (PK) Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia dari PT. Yasunaga Indonesia Kabupaten Serang Banten merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 16. Acara tersebut diadakan di Anyer Banten dengan mengangkat tema ‘Mewujudkan Kondisi Kerja Yang Aman dan Nyaman Untuk Produktivitas Yang Harmonis’. 

Perayaan HUT ke 16 PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia ini terlihat istimewa. Karena dihadiri langsung Trisnur Priyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewn Pengurus Pusat (DPP) FSB GARTEKS KSBSI, Y. Toyohashi Presiden Direktur (Presdir) PT. Yasunaga Indonesia, Faizal Rakhman Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Kabupate Serang, Sisjoko Wasono, Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (Korwil KSBSI) Provinsi Banten. 

Saparudin Haris Ketua PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia mengatakan, 16 perjalanan organisasi yang dipimpinnya merupakan perjalanan yang cukup panjang. Sebab, dari awal berdiri sampai sekarang penuh dinamika dan lika-liku. Namun, proses yang panjang tersebut membuahkan hasil.

“Sebagai ketua pengurus komisariat saya mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus dan anggota yang telah banyak memberikan motivasi kepada saya. Sehingga PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia sekarang ini memiliki posisi tawar yang bagus di tingkat perusahaan,” ucapnya, saat diwawancarai melalui seluler, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan, selain memiliki posisi tawar, PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia mampu menjadi mitra hubungan sosial dialog yang baik dengan manajemen perusahaan. Hal itu terbukti, pada 2022, pihaknya berhasil merumuskan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan perusahaan.

“Salah satu keberhasilan PKB yang berhasil diperjuangkan, kami mampu memperjuangkan bagi pekerja yang sudah status pensiun masih dihargai dalam Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Jadi pada saat perundingan tidak semuanya mengacu pada Undang-Undang No.11 Tahun 2000 Tentang Cipta Kerja,” jelasnya.

Selain itu, Haris menyampaikan serikat buruhnya tetap berkomitmen membangun sosial dialog yang baik dengan perwakilan manajemen perusahaan. Kalau pun anggotanya terjadi perselisihan hubungan industrial, dia mengatakan pihaknya lebih memilih jalan berdialog untuk mencari solusinya.

“Selama pihak manajemen perusahaan masih bisa diajak dialog untuk mencari solusi perselisihan hubungan industrial, maka jalan tersebut akan kami tempuh. Kami tidak terlalu memprioritaskan melalui jalur Pengadilan Hubungan Industrial, karena sangat banyak membuang waktu dan energi,” terangnya.

Tentu saja 16 tahun usia PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia tidak memiliki tantangan dalam internal organisasi. Oleh sebab itu, Saparudin mengatakan dirinya bersama pengurus selalu membangun budaya serikat buruh yang profesional. Diantaranya mengedepankan transparansi dan membuang sikap ego. Serta mengedepankan dialog dengan semua anggota saat membuat keputusan.   

“Walau mengurus organisasi itu penuh tantangan, namun saya mengucapkan Alhamudillah. Karena sampai hari ini kami masih tetap solid. Dan sampai sekarang belum ada serikat buruh lain yang berdiri di perusahaan, selain PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia,” ujarnya.

Setelah 2 periode memimpin PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia, Saparudin menyampaikan dirinya juga sudah mempersiapkan regenerasi kepemimpinan. Sebab, serikat buruh yang baik adalah kalau ada dinamika. Dan mampu melahirkan pemimpin muda yang memiliki karakter kuat dan mampu menjalankan roda organisasi dengan baik.

“Kami sudah menyiapkan calon-calon dari generasi muda yang bakal melanjutkan kepemimpinan saya tanpa ad perpecahan. Dan saya berharap serikat buruh di perusahaan cukup PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia saja,” ungkapnya.

Terakhir, Saparudin berharap bertambahnya usia PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia yang ke 16 tahun, agar semua pengurus dan anggota semakin solid. Serta lebih militan memperjuangkan kesejahteraan buruh agar menjadi lebih baik.

“Saya juga berharap untuk semua pengurus PK FSB GARTEKS KSBSI PT Yasunaga Indonesia, harus meningkatkan keahlian dan kemampuan dalam berorganisasi. Supaya mendapat posisi twar yang lebih kuat dihadapan manajemen perusahaan,” tutupnya. (AH)